photo addesign_zpsnrka2dtn.gif

Jumat, 02 Januari 2015


Mencari Ilmu adalah hal yang wajib bagi umat manusia khusunya Umat Muslim karena dalam ajaran agama kita wajib hukumnya untuk menuntut ilmu, sebagian orang apabila di sebutkan tempat menuntut ilmu pasti jawabannya adalah sekolah, itu benar tidak salah namun kadang yang namanya manusia dalam menuntu ilmu atau sekolah itu selalu muncul yang namanya malas dalam belajar, bagaimanakah cara mengatasi supaya tidak malas untuk belajar ?
Berikut ini adalah beberapa tips supaya semangat belajar, tips ini merupakan hasil dari pengalaman penulis :

1. Membuat Cita-Cita
    Maksudnya apa yach ?? Jadi begini maksudnya semasa sekolah kita pasti belum punya cita-cita yang      akan kita capai dengan masuk suatu Lembaga Pendidikan ( Sekolah ) oleh karena itu tentukan tempat mencari ilmu yang dapat mendukung sesuai dengan cita-cita anda, Berikut Contohnya :
"Anda seorang Pelajar di suatu lembaga pendidikan di sebuah kota, anda memiliki cita-cita ingin menjadi seorang Teknisi Komputer, untuk menggapai cita-cita itu apa yang akan lakukan ?"
Jawaban :
Jawabannya adalah dengan anda mencari tempat pendidikan yang sesuai dengan cita-cita anda misalkan  SMK Teknik Komputer atau Kuliah di Perguruan Tinggi Teknik Komputer, yang jelas yang berbasis dengan itu, dan sesuai dengan minat anda sehingga akan semangat ingin tahu dan semangat dalam belajar.

2. Teman yang Mengerti
    Teman sangat berpengaruh terhadap terbentuknya citra kita karena sifat kita tergantung tempat kita bergaul dan berteman, kita kembali ke bahasan untuk semangat sekolah otomatis kita mencari teman di lingkungan sekolah yang bisa mengerti akan keadaan kita baik kekurangan atapun kelebihan kita yang senantiasa dapat sesalu menjadi penyemangat dalam bersekolah dengan menciptakan suasana lain di sekolah.

3. Cari Kesibukan
    Maksudnya jadikan sekolah menjadi tempat yang indah bagi kita misalkan dengan sekolah kita dapat mempunyai teman yang banyak dan baik-baik dapat melakukan segala hal seperti Membaca buku di perpustakaan, dapat bercanda dengan orang banyak ketika istirahat dapat berbagi ilmu dengan teman atau bahkan dengan guru sharing. sehingga kita tidak merasa jenuh diam di sekolah malah menjadi kita aktif dan dapat mengembangkan bakat dengan menyibukan dengan hal-hal yang bermanfaat di sekolah.

4. Refreshing dengan Ektrakurikuler
    Ekstrakurikuler kadang membuat kita jenuh sekolah karena tambahan jam di luar belajar, namun jadikanlah ekstrakurikuler segabai sarana kita refreshing dengan kegiatan sekolah yang banyak, tugas dari guru yang belum beres dan lainnya.
    Saran dari saya ikutilah ekstrakurikuler yang seimbangan dalam hal Jasmani dan Rohani misalkan ekstrakurikuler olahraga dengan Kerohanian atau Pecinta Alam untuk ytang suka ketenangan alam dengan kerohanian bisa juga dengan yang lainnya, namun saran dari saya lebih utama ikutilah ektrakurikuler kerohanian supaya Kita terbekali dalam hal keagamaan.

5. Gunakan Waktu Sesuai dengan Fungsinya
    Ini yang sangat penting dan kadang terlupakan oleh setiap pelajar, pengaturan waktu harus sesuai dengan porsi yang telah diberikan oleh pihak sekolah misalkan waktu istirahat gunakanlah untuk istirahat jangan digunakan untuk hal yang membuat kelelahan karena itu akan membuat tubuh lemas saat pelajaran selanjutnya. begitupun saat belajar gunakan waktu belajar untuk belajar jangan untuk bercanda dengan teman karena akan merugikan anda.


Demikianlah beberapa tips untu semangat belajar disekolah, pada intinya belajarlah dengan sungguh-sungguh dengan memperhatikan kebutuhan Rohani, Jasmani dan Kesehatan anda untuk belajar karena dengan sehat kita dapat menikmati masa-masa sekolah kita.

0 komentar :

Posting Komentar